Rabu, 19 Juni 2013

Benarkah Alexa Kecil Berarti Trafik Tinggi

Untuk kalangan blogger meyakini bahwa alexa kecil berarti trafik tinggi, dan masih sebagian besar blogger lainnya mungkin merasa bangga dengan nilai alexa kecil yang ditampilkan melalui widget alexa. Tapi tidak bagi LM, alexa yang katanya dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui jumlah pengunjung di blog kita namun dalam kenyataan selama ini tidak dapat menampilkan angka statistik pengunjung tersebut secara detail dan akurat. Yang kemudian LM menjadi heran adalah kenapa banyak blogger yang mencari cara meningkatkan alexa rank atau menurunkan alexa seperti banyak artikel nya di luar sana. Apa tujuannya dan apa manfaatnya?

Alexa

Alexa

Sementara ini LM hanya berasumsi tujuannya adalah karena alexa masih menjadi momok bahwa memiliki alexa kecil berarti trafik tinggi yang kemudian menjadi ukuran jumlah pengunjung suatu blog meskipun dalam kenyataannya berbanding terbalik. Coba saja sobat googling cara menurunkan alexa tambahkan dengan kata kunci cepat, pasti akan ditemui ribuan artikel yang membahasnya walau kadang dengan cara yang tidak jujur sekalipun yang isinya akan mengarah pada kejujuran kesimpulan bahwa angka alexa itu sebenarnya bisa dikamuflasekan ataupun direkayasa meskipun tidak secara langsung. Tapi kalau artikel yang mengulas kebenaran alexa itu sendiri tidak pernah LM temui. Lalu apa manfaat melakukannya? Dugaan LM, bagi blog yang mungkin tidak dimonetasi mungkin menjadi kepuasan pribadi sekaligus kebanggaan yang dapat mereka perbandingan popularitas blognya dengan blogger lain. Namun bagi blog yang dimonetasikan, terutama kepada advertiser tidak lain adalah hanya untuk menipunya, kenapa LM sebut menipu, ya karena pada dasarnya calon pengiklan masih cenderung melihat jumlah rank alexa kecil dan mereka juga masih beranggapan trafik blog yang akan mereka sewa untuk iklan sangat tinggi.

Sebenarnya sudah lama LM ingin menyatakan bahwa angka alexa itu tidak dapat menjadi patokan sepenuhnya untuk menentukan rangking jumlah visitor, namun karena tidak memiliki premise apa2 yang dapat dijadikan alasan yang kuat jadi LM harus benar2 menganalisa terlebih dahulu sebelum membuat pernyataan tersebut. Kemudian setelah LM membangun beberapa blog sama2 menggunakan blogspot dan dengan mempertimbangkan jumlah pageviews dalam tiga bulan terakhir hampir menyamai dengan blog LM ini telah terbukti perbandingan alexa rank dari keduanya sangat jomplang. Namun kalau untuk akun upgrade atau premium yang berbayar LM tidak tahu lebih jauh karena belum pernah mencobanya, pikir LM kalau ada yang gratis seperti Google Analytics ngapain harus memilih bayar terlebih dalam tool milik Google tersebut sangat jauh lebih lengkap ketimbang alexa yang tidak dapat memberikan informasi data pengunjung, seperti jumlah kunjungan, tayang halaman, kunjungan baru, pengunjung unik, pengunjung kembali, durasi kunjungan rata2, rasio pentalan dan masih banyak yang lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, benarkah alexa kecil berarti trafik tinggi? jawabannya adalah tidak sepenuhnya benar. Alexa adalah hanyalah rangking seperti halnya pagerank, dan besar kecilnya alexa atau tinggi rendahnya pagerank belum tentu blog ramai pengunjung dan bertrafik tinggi. Pernyataan ini diperkuat dengan premise mayor bahwa data yang diberikan Google Analytics untuk mengetahui jumlah pengunjung dan info lain yang berkaitan dengan data kunjungan lebih reliable ketimbang alexa. Jadi untuk para blogger jagalah kejujuran blog sobat, menulis artikel original yang fresh dan berkualitas, gunakan Google Analytics untuk mengetahui jumlah kunjungan blog, semua itu gratis. Dan untuk para advertiser janganlah lagi melihat alexa kecil sebagai ukuran trafik blog tinggi, mintalah data pengunjung yang dapat dikirimkan melalui email langsung dari akun Google Analytics blog2 milik mereka sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan menyewa slot iklan yang ditawarkan. Google Analytics sangat LM rekomendasikan karena sampai saat ini adalah satu2 tools yang bisa diandalkan untuk mengetahui jumlah kunjungan. Jadi selalu ingat alexa kecil bukan berarti trafik tinggi dan jangan lagi tertipu.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Copyright 2009 | magazineform Theme by templatemodif | supported by grafisae